Kamis, 21 Agustus 2008

Lyric Plugin

Senior saya, dulu waktu kuliah pernah mengatakan kepada saya bahwa kalau kita ingin menguasai bahasa Ingris salah satu caranya adalah dengan memperbanyak kosa kata dalam bahasa Inggris. Kalau kita harus mengahafal tiap hari kan capek. Selain itu, metode tersebut juga membosankan.
Nah, salah satu cara untuk menguasai kosa kata itu, menurut dia kita harus banyak mendengar ucapan maupun mengucapkan bahasa tersebut. Jika dengan banyaknya mendenga, maka secara otomatis lama kelamaan kosakata kita akan bertambah, kalau banyak mengucapkan maka lidah akan terlatih. Metode yang menarik dan tidak membosankan itu antara lain dengan mendengarkan musik foreign, atau lihat film luar yang menarik.
Salah satu teknik yang bisa dilakukan adalah dengan mendengarkan musik. Kalau mendengarkan musik sambil melihat syairnya maka otomatis bisa belajar ucapannya dan pendengarannya. Kalau kita mendengar musik kemudian searching lyricnya kan membosankan, apalagi harus searching satu persatu.
Dalam Winamp, sofware pemutar musik itu terdapat sebuah fitur plugin yang bisa menampilkan lyric lagu itu secara otomatis. Kalau pun beum ada lyricnya, dalam plugin itu juga menyediakan fitur untuk search langsung di browser. Plugin untuk editor lyric juga disediakan disitu, jadi cukup user friendly lah...
Jika ingin menambah fitur plugin Winamp, kita bisa download disini. Plugin lyric untuk windows media player juga ada disitu kalau mau. Lyric yang ditampilkan tergantung bahasanya, kalau lagu Indonesia ya pasti lah bahasa Indonesia atau sebaliknya. Semuanya disediakan secara gratis. Nah, berikut screenshoot winamp lyric yang saya pakai.


Dengan demikian kan bisa tampil liriknya, tanpa harus googling satu persatu. Capek deh, jadinya...